You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sudin Kebersihan Jakbar Usulkan Penambahan BBM Armada Truk Sampah
.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Sudin Kebersihan Jakbar Usulkan Penambahan BBM Truk Sampah

Sudin Kebersihan Jakarta Barat mengusulkan penambahan anggaran Bahan Bakar Minyak (BBM) solar untuk operasional sebanyak 292 armada truk angkut sampah tahun 2017.

Jatah tersebut sangat pas-pasan karena tinggal menyisakan sebanyak dua liter saja setiap harinya

Kepala Sudin Kebersihan Jakarta Barat, Edy Mulyanto mengatakan, saat ini total armada truk angkut sampah Sudin Kebersihan Jakarta Barat ada sebanyak 292 armada. Dari jumlah itu, yang saat ini dapat beroperasi hanya sebanyak 274 armada. Sisanya, sebanyak 18 armada dalam kondisi rusak.

Dikatakan Edy, sesuai aturan, untuk operasional pulang pergi (PP) truk membuang sampah ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat. Tiap unit truk dijatah 35 liter solar per hari untuk truk ukuran besar dan 30 liter per hari untuk truk ukuran kecil.

60 Alat Berat Sudah Beroperasi di TPST Bantar Gebang

Namun, jatah itu menurutnya kurang, karena dengan kondisi wilayah Jakarta Barat lebih jauh jika dibandingkan Jakarta Timur dan Jakarta Utara yang jaraknya lebih dekat dengan TPST Bantar Gebang yang jatah BBM-nya sama.

“Sampai saat ini dengan hanya 30 dan 35 liter  masih cukup untuk PP armada truk Jakarta Barat. Tapi, jatah tersebut sangat pas-pasan karena tinggal menyisakan sebanyak dua liter saja setiap harinya,” ujar Edy, Kamis (8/12).  

Adapun, pengajuan untuk menambah jatah bahan bakar, tahun anggaran 2017, sambung Edy, yaitu dari 30 liter menjadi 35 untuk truk ukuran kecil dan dari 35 menjadi 40 liter untuk truk ukuran besar. Pertimbangannya, dengan sisa hanya masing-masing dua liter bisa membuat mesin truk akan cepat panas sehingga kalau dibiarkan cukup lama mesin akan lebih cepat rusak.

“Selain itu, antisipasi kondisi jalan Jakarta yang rawan macet yang dapat menghabiskan bahan bakar dan antrean saat di Bantar Gebang,” tandas Edy.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1255 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1235 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1182 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1067 personNurito
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye800 personBudhi Firmansyah Surapati